Minggu, 02 Oktober 2011

when old fashioned meets passion..

Sasana Budaya Ganesa, Bandung.

2 Oktober 2011

Bambu Nusantara 5, world music festival.

 

hello there..

so, kemarin itu salah satu senior saya di Rumah Sakit ceritanya ngajakin saya pergi ke sebuah acara pergelaran budaya di Sabuga. i have no idea about that. Pergelaran apa coba? gak ada gaungnya sama sekali. Then she said, "Festival Bambu Nusantara, veroo.. Jadi tuh yaa ada banyak musisi tradisional yang tampil. Dan kebanyakan dari mereka main instrumen yang terbuat dari bambu.."

heks.. owkeyy..

new stuff, pikir saya waktu itu. I love music, really. Dan saya appreciate sekali sama musik-musik daerah. But.. saya itu jarang bangeeettt hadir secara langsung untuk mengapresiasi dalam sebuah pergelaran resmi.

So i was agree to go then.

Bambu_nusantara_5

 

ketika sampai di sabuga, saya langsung disambut sama keriuhan musik tradisional Jawa Timur.. Sorry, saya lupa namanya, waktu itu saya datang berbarengan dengan sesi akhir tarian itu. cewek-cewek penarinya pakai kacamata. Which reminded me sama penari sintren dari Cirebon. Bedanya mereka nari bareng-bareng dan ngga ada unsur magisnya sama sekali.

 

selesai tarian tradisional Jawa Timur, para pengunjung digiring ke panggung selatan (0r Utara ya, lupa.. he) buat menyaksikan atraksi angklung dari anak-anak SMA N 8 Bandung. So much entertaining karena angklungnya dipadukan sama alunan saxophone, bass dan mini drum. ahh.. jadi ingat masa-masa jahiliyah SMA nyiapin pergelaran seni.

16.45.. saya sama senior saya itu pergi ke stage utama yang bakal menghadirkan Ozenk Percussion yang berkolaborasi sama Dwiki Dharmawan. Saya sih, asing ya sama musisi yang disebutkan pertama. Kalo sama Dwiki Dharmawan saya tahu, suaminya Ita Purnamasari, kan? hehe..

Pic319

jadi ternyata Ozenk itu meramu instrumen bambu yang sebenernya miskin musikalitas jadi sesuatu yang musikal banget. kentongan, dan saluran air dari bambu, dipadu alunan kecapi, drum, kendang sunda, brass, trumpet dan kolaborasi apik pianonya Dwiki Dharmawan. There, i was enchanted.

18.30.. kelar maghrib.. kami berdua balik ke stage utama buat nonton balawan feat Gamelan Maestro.

Errr.. owkayy.. i know Gamelan. I played one of those back then when i was in Junior High. Tapi gamelan maestro itu seperti apa, ya.. Jadi kayak apa kalo jagoan gitar kayak Balawan ikutan gabung?

and it was.. Amazing..

Pic323

Sebenernya setelah itu masih ada penampilan Sarasvati sama Sawung Jabo di main stage. Dan beberapa atraksi musik lain macam Bebendjo dan ada satu kolaborasi musikus Chile, Australia sama Indo.

Unfortunately, senior saya itu kudu cabut buat shift malem dan sebagai junior yang baek.. saya ikut dia juga balik. Though gak nyesel lah meski cuma nonton setengah perhelatan aja. It was worth it!!

Moga-moga taun depan ada lagi event seperti ini dan saya bisa nonton full length!

Adios!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar